AKTUALISASI PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI




ini ada 2  pertanyaan yang muncul ketita keika membicaraka aktualisasi pancasila di peruruan tinggi.

1.Bagaimana pendapat anda mengenai peranan mahasiswa sebagai agent of change dalam reformasi saat ini? 2. Menurut anda apa yang seharusnya dilakukan sebuah Perguruan Tinggi dalam mendorong percepatan reformasi di bidang teknologi ?

       Menurut pandapat saya seperti ini
Menurut pandangan saya pribadi mengenai mahasiswa sebagai agent of change dalam reformasi di masa sekarang ini,memang saya akui mahasiswa sekarang lebih bisa mengeksplor diri, tentunya sangat membantu sekali dalam era reformasi ini. Tentunya dalam hal ini mahasiswa adalah sekelompok orang yang lebih memiliki mobilitas yang tinggal dalam hal ini bisa melakukan apa saja yang akan di lakukan oleh para mahasiwa ini (telepas dari hal buruk dan  baik).
Menurut pandangan saya pribadi, dalam hal ini mahasiswa sudah banyak menyumbangkan dalam era reformasi ini, mahasiswa sudah memegang peranan penting dalam era reformasi saat ini khususnya dalam reformasi pancasila yang objektif. Memang kita bisa tahu kalo dalam bidang kenegaraan atau dalam kata lain reformasi objektif ini sangat membantu sekali.
Tapi di bidang reformasi pancasila subjektif ini masih ada kekurangan dalam masalah moral dari individu masing-masing dari mahasiswa. Mahasiwa masih bisa mengontrol dirinya dikala dia bersama kelompoknya, karena dia masih dibatasi oleh orang-orang sekelilingya. Tapi di saat ia sendiri kepentingan individu muncul dalam moral reformasi subjektif ini.
Salahsatu contoh:
Tidak sedikit lagi mahasiswa yang dulu meneriakan reformasi kebenaran sangat lantang sekali, berdiri paling depan, membakar semangat rekan-rekan yang lain. Itu sekarang malah merusak hasil jeripayah hasil dari reformasi yang baik. Itu mengindikasikan bahwa masih kurang berhasilnya pendidikan moral di Indonesia.
Harapa saya pribadi kedepan yaitu selain sukses membangun reformasi pancasila objektif tetapi juga sukses dalam membangun reformasi pancasila objektifnya


                   Menurut pendapat pribadi saya, menyambung pertanyaan yang ke 2
Meurut 3 fungsi perguruan tinggi itu yang termasuk di (tridharma) yang terkandung di PP No. 60 Th. 1999, memfasilitasi, mendorong, merancang kurikulum yang mendukung untuk percepatan reformasi di bidang teknologi.
Contohnya membentuk kelompok pengurus tersendiri dalam kampus tersebut. Membentuk badan pengembangan bagi mahasiwa. Kemudia selalu mendukung ide-ide segar dari mahasiwa yang menjurus ke percepatan reformasi dalam bidang teknologi itu sendiri. Kemudian mendukung dan pengaplikasian yang serius inovasi dari mahasiswa.
 Dan mungkin sudah menjadi rahasia umum di Indonesia, banyak ide atau inovasi yang lebih bagus tapi tidak di dukung dan Cuma mendapat ucapan teririmakasih saja dari pihak terkait salahsatunya pemerintah.

ini ada opini ane gan.... kalo ada kesalahan atau mungkin ga sependapat sama ane ya... wajar kan namanya juga opini.
semoga bermanfaat artikel ini....