Panduan Daftar BPJS ONLINE 2017 dengan Gambar

February 14, 2017

Panduan Daftar BPJS ONLINE 2017 dengan Gambar


BPSJ masih barang yang asing di sebagian orang, apalagi dengan kemudahan-kemudahn yang terus di berikan oleh pihak BPJS, seperti layanan Online  yang masih banyak belum di ketahui oleh orang.

Emang bisa daftar Online?
Terus itu sudah bisa langsung aktif?
Legal gak sih?

pertanyaan itu mungkin banyak terlintas di benak kebanyakan orang.tapi hal yang berbau online di kalangan generasi kekinian mungki sudah lumrah bahkan sudah terbiasa bahkan keseharianya sudah dipenuhi dengan aplikasi online. seperti terbiasa memesan ojek online atau taksi online, bahkan membeli makanan pun bisa di pesan dengan online, alahkah sudah majunya perkembangan jaman ini.  Apasih tujuan di buatnya cara online????  penulis menafsirkan secara bebas bahwa, tujuan di bentuk layanan online disegala lini bermaksud memudahkan para pelanggan atau customer seperti bisa di akses dari mana saja dan mungkin kapan saja,

nah dari modal awal ini sehingga banyak para penyedia jasa berlomba-lomba memberikan pelayanan yang extra tanpa kecuali BPJS itu sendiri.

Sebenarnya ada 2 macam pendaftaran BPJS yang tersedia yaitu BPJS Online dan BPJS Offline. sebenarnya dengan hadirnya BPJS Online ini dimaksudkan dengan banyaknya jumlah penduduk yang ada sehingga dengan banyaknya penduduk yang semakin sadar pentingnya jaminan kesehatan maka dengan di luncurkannya BPJS Online dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang baik dan merata. sehingga bisa menghemat biaya dan efisiensi waktu,  tidak kebayang semakin banyaknya orang yang berminat dengan BPJS harus ngantri panjang karena keterbatasan yang ada seperti luas bangunan BPJS itu sendiri, Petugas yang melayani dan jam kerja. sehingga belum tentu yang hadir pada hari itu bisa di layani dengan merata, sehingga munculah BPJS Online. Dengan demikian saya sarankan daftarlah BPJS dengan melalui pendaftaran online. agar bisa menghemat biaya dan waktu kita.

berikut PENTINGNYA BPJS DAN MANFAATNYA
Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi :
a.         Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup:
1.      Administrasi pelayanan
2.      Pelayanan promotif dan preventif
3.      Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis
4.      Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif
5.      Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
6.      Transfusi darah sesuai kebutuhan medis
7.      Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama
8.      Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
b.        Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu pelayanan kesehatan mencakup:
1.    Rawat jalan, meliputi:
a)    Administrasi pelayanan
b)   Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi spesialistik oleh dokter  spesialis dan sub spesialis
c)    Tindakan medis spesialistik sesuai dengan indikasi medis
d)    Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
e)    Pelayanan alat kesehatan implant
f)     Pelayanan penunjang diagnostic lanjutan sesuai dengan indikasi  medis
g)    Rehabilitasi medis
h)    Pelayanan darah
i)      Peayanan kedokteran forensik
j)      Pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan
2.    Rawat Inap yang meliputi: 
a)    Perawatan inap non intensif
b)    Perawatan inap di ruang intensif
c)    Pelayanan kesehatan lain yang ditetapkan oleh Menteri

nah sekarang kita bahas persyaratan-persyaratan yang ada supaya kita bisa mempersiapakan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar.
MOHON MEMBACA DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN SITUS INI
Pernyataan menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan :
Penggunaan Website Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan dilakukan oleh pengguna yang menyatakan setuju dan menerima syarat dan ketentuan Pendaftaran
Peserta BPJS Kesehatan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. Jika Peserta tidak menyetujui syarat ketentuan ini, Peserta tidak diperkenankan menggunakan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan kapan pun dapat mengubah syarat dan ketentuan penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan yang akan berlaku kepada seluruh pengguna Website Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.
Syarat dan Ketentuan :
1. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan
2. Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,
3. Mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.
4. Membayar iuran setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan
5. Melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarga, perubahan yang dimaksud adalah perubahan fasilitas kesehatan, susunan keluarga/jumlah peserta, dan anggota keluarga tambahan
6. Menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaat oleh orang yang tidak berhak
7. Melaporkan kehilangan dan kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan
8. Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 (empat belas) hari kalender dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan
9. Menyetujui mengulang proses pendaftaran apabila :
a) Belum melakukan pembayaran iuran pertama sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender sejak virtual account diterima; atau
b) Melakukan perubahan data setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak virtual account diterima dan belum melakukan pembayaran iuran pertama
10. Menyetujui melakukan pencetakan e-id sebagai identitas peserta
11. Perubahan susunan keluarga dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat
setelah megetahui syarat dan ketentuan kita akan bahas bagai mana langkah selanjutnya yaitu cara daftar BPJS Online step by step.

1. buka link berikut https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/  akan muncul tampilan seperti di bawah ini kemudian polih PENDAFTARAN ONLINE yang ditunjukan anak panah warna merah.


 sehingga dihantarkan ke halaman berikutnya seperti di bawah ini.



2. scrol kebawah kemudian ceklis di anak panah no. 1 kemudian melanjutkan langkah berikut dengan mengklik anak panah no. 2 sehingga muncul halaman seperti di bawah ini.


pilih dan isikan data yang di minta.

No. 1 ini menentukan jenis dan tipe Kepesertaan keterangan bisa di baca di kotak tepat di bawahnya. kalo perseorangan dan bukan PNS maka pilih Pekerja Bukan Penerima Upah biasanya atomatis muncul.

No.2 masukan no. kartu keluarga (No. KK) anda di daimasudkan apakah kartu keluarga anda sudah terdaftar di sistem atau belum, bahkan kalo salah satu keluarga anda sudah terdaftar maka akan kelihatan dan di minta no kartu BPJSnya atau no. IDnya.

No. 3 isikan kode capta yang di minta

No. 4 dan Klik Inquery Kartu Keluarga kemudian akan muncul data seperti di bawah ini


CATATAN:
pada halaman ini jika muncul  kotak sebelah kanan NOMOR KARTU TERDAFTAR berarti salah satu anggota keluarga anda sudah adayang terdaftar, sebaiknya di hubungi dulu minta no kartu BPJSnya tidak ada maka tidak bisa melanjutkan kee proses berikutnya.

3. setelah memastikan data sudah benar maka ceklis kotak kecil sebalah kiri untuk mendaftarkan anggota keluarga anda.

4. kemudian klik PROSES SELANJUTNYA yang di tandai dengan anak panah kuning.


panduan pandduan DAFTAR BPJS ONLINE 2017 dengan Gambar sampai disini dulu, di karenakan keluarga penulis belum melunasi/membayarkan tagihan bulan pertama sejak kali daftar. sehingga terpaksa panduan pandduan DAFTAR BPJS ONLINE 2017 dengan Gambar sampai di sini dulu dan akan di update setelah keluarga penulis melunasi pembayaran terlebih dahulu.


Info tambahan:
Iuran bagi kerabat lain dari pekerja penerima upah (seperti saudara kandung/ipar, asisten rumah tangga, dll); peserta pekerja bukan penerima upah serta iuran peserta bukan pekerja adalah sebesar:
a. Sebesar Rp. 25.500,-(dua puluh lima ribu lima ratus rupiah) /orang /bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III. 
b. Sebesar Rp. 51.000,-(lima puluh satu ribu rupiah) /orang /bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II. 
c. Sebesar Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah)  /orang /bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.
info terupdate bisa dilihat di  https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/13

dan seperti biasa terimakasih....

Share this :

Previous
Next Post »