Cara ngimbuh Nangka Alami

March 14, 2017
Siapa yang belum tahu buah nangka ayo????
Sedikit menjelaskan ya… kata om Wiki
“Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.”
Penampakan diatas adalah buah nangka, setelah kita tahu sekilas penjelasan tentang buah nangka, jika anda punya pohon nangka di depan rumah,atau belakang rumah yang sudah mulai tua dan layak untuk di imbuh.
Adapun untuk proses ngimbuh nangka yangbenar tanpa obat-obatan alias alami sebagai berikut.

Proses #1Penusuk kayu
Siapkan kayu penusuk dengan panjang 50cm ini kondisional disesuaikan denganukuran nangka yang anda punya.

Kayu yang dipakai boleh kayu apa aja yang tersedia, asal jangan kayu tiang rumah aja ya…
Andmin  menyarankan sih gunakan pelepah kelapa yang udah kering atau yang baru ngambil dari pohon kelapa.
Kenapa pake pelepah kelapa?
Belum ada penjelasan secara resmi tapi ini menurut kepercayaan yang dianut oleh orang jawa. Hehehehe
Menurut Pakde No “ pake pelepah kelapa supaya buah nangka lebih wangi ketika sudah matang”

Tapi kalo memang tidak ada boleh menggunakan  kayu apa aja.

Kemudian bakar ujung penusuk kayu sepanjang 15 cm, sehingga keliatan agak gosong tapi jangan sampe jadi bara  ya.

Proses #2. Buah nangka yang sudah tua
Ya sediakan buah nangka yang mau di imbu, tentunya yang sudah tua ya….
Bersihkan dari kotoran yang ada dengan kuas, supaya nanti pas matang tidak kotor.

Kemudian potong ujung tangkai buah nangka yang masih tersisa. Dan biarkan getah keluar. Ini dimaksudkan untuk memudahkan untuk proses selanjutnya.

    Proses #3. Tusukan kayu ke nangka
Poses penusukan bisa dibantu dengan alat seperti palu untuk menancapkan kayu.
Kedalaman kurang lebih 10-15 cm ini tergantung ukuran buah nangka itu sendiri.

PERHATIAN:
Jangan tusuk sampai kesisi ujungnya, cukup 10-15 cm saja.
Sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini:



Proses #4. Tunggu 2 malam
Dalam poses ini tunggu selama 2 malam sampai nangka matang, usahakansimpen di tempat kering, dan supaya hasil bisa maksimal jemur nangka dibawah sinar matahari langsung.

KESIMPULAN:
Cara ngimbu nangka dengan cara alami bisa diterapkan dengan mudah dan tanpa biaya.

Sebenarnya bisa menggunakan karbit atau obat lainnya yang khusus untuk ngimbu buah. Tapi lebih aman ya.. menggunakan cara yang alami.

Dan bisa di tonton vidio Cara Memotong Nangkanya Dibawah ini
SEMOGA SUKSES

Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Wah baru tau aku, selama ini selalu nunggu sampai masak di pohon

Balas
avatar

nunggu masak di pohon juga lebih enak. tapi kan agak lama, mending pas mateng gak ada yang gondol hehehe.

kan udah nunggu2 lama eh.... udah ada yang gondol.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔