Wisata Kota Indramayu

Wisata Kota Indramayu - Indramayu merupakan salah satu kabupate yang terletak di Jawa Barat. Secara Administrasi Kabupaten Indramayu teramasuk Provinsi Jawa Barat. Siapa yang tidak kenal dengan Kata Indramayu, Pasti Langsung teringat Buah Sejuta Umat yaitu Buah Mangga.
Ia memang benar indramayu terkenal dengan produksi buah mangga yang manis dan adem sekaligus legit.

Namun dalam postingan kali ini tidak membahas Buah mangga ya. Jadi itu cuma perkenalan aja, kalo mauh lebih mengenal lebih jauh tentang buah mangga indramatu bisa baca postinga sebelumnya di sini.

Letak geografis Kabupaten indramayu kalo dihitung dari Kota bandung Sekitar 220 kilometer, dan 225 kilometer dari ibu kota Jakarta. ini bisa menjadi acuan bagi anda yang berada di kota bandung dan Kota Jakarta.

Mari kita bahas Potensi wisata yang ada di Indramayu, secara posisi geografis indramayu ini memang unik. karena keunikan itu sampe-sampai sering disebut anek. bagaimana tidak. mari kita coba bahas satu - satu.


Bahasa Orang Indramayu Apa ya?
Sunda Kan? Karena Indramayu kan termasuk Jawa Barat.

Bagi anda yang sedang berada di Kabupaten Idramayu Alahkan baiknya mencoba beberapa opsi wisata-wisata yang ada di indramayu. yang mungkin menjadi rujukan untuk anda dalam berwisata.

Taman Rekreasi "Taman Kali Cimanuk"

Taman Kali Cimanuk merupak salah satu tempat yang akhir-akhir ini menjadi satu tempat tujuan wisata. yang semakin viral didunia maya.

Pemerintah kota indramayu memberdayakan bantaran kali cimanuk untuk dijadikan taman rekreyasi yang nyaman. Taman Kali Cimanuk memang dibangun di sepanjang bantaran kali cimanuk yang terlihat bersih dan jernih.

Ini merupakan salah satu upaya pemerintak kabupaten indramayu untuk mengajak warga menjaga lingkungan. khususnya warga Indramayu sendiri.

Taman yang indah ini terletak di jn. Veteran Indramayu tepatnya masuk ke wilayah Desa Penganjang. Taman Kali Cimanuk ini sangat Strategis dikarenakan Lokasinya berada di Jantung Kota Indramayu, Yaitu di belakang Masjig Agung Indramayu.

Taman Terbuka Hijau ini atau bahasa kerenya (RTH) dimanfaatkan orang untuk melepas kesibukan atau sekedar mencari tempat yang nyaman. Taman Kali Cimanuk juga menjadikan warga setempat meraup rezeki dari adanya taman kali Cimanuk ini.

Di Taman Cimanuk ini kita semua akan di sajikan beragam pemandangan yang indah dan cantik yang membuat hati menjadi serasa senang dan gembira. 

Taman Cimanuk adalah sungai yang mempunyai Sejarah bagi masyarakat Indramayu itu Sendiri. Mendi pelabuhan besar dan terkemuka di Pulau Jawa Pada masanya. Salah satu peninggalannya adalah ditemukannya tiang bendera yang sekarang diabadikan di dalam area Taman Cimanuk. 

Dengan adanya taman ini juga memberikan ruang terbuka hijau atau RTH yang memberikan manfaat baik untuk pemanasan global yang terjadi. 

Taman menjadi ikon baru di kota Indramayu ini juga dilengkapi dengan wahana air seperti sampan yang terbuat dari bambu, yang diletakan di tengah-tengah sungai, sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan dan tidak bisa digunakan oleh pengunjung untuk mengitar sungai Cimanuk tersebut. 

Taman Cimanuk ini lokasi Tepatnya berada di samping bawah dari jembatan bersejarah yang dikenal dengan nama Kreteg Gantung kata lainya  Jembatan Cimanuk. 
Jembatan ini dipercantik sekarang sudah dilengkapinya dengan lampu warna-warni yang sangat menarik sehingga menambah keindahan saat dipandang mata pada saat malam hari.

Sepanjang taman Kali Cimanuk ini Kerap diadakan Pageralaran seni budaya dan sejarah. Antara Lain pameran foto sejarah Kabupaten Indramayu, pameran lukisan hasil karya pelukis pribumi.
Pagelaran seni wayang dan masih banyak lagi pameran-pameran dan atraksi yang biasa digelar di taman Kali Cimanuk.

Acara tersebut tentu menarik minat warga dan pengunjung dari luar daerah indramayu untuk ikut mengunjungi Taman Cimanuk. 

Lokasi wisata Taman Kali Cimanuk ini Ramai di kunjungi pada saat hari sabtu dan minggu atau pada hari libur lainya. Pengunjung yang pernah datang mendominasi di taman Kali Cimanuk ini, yaitu anak-anak remaja masa kini yang gemar berfoto selfie.

Taman Cimanuk Indramayu juga terdapat banyak permainan yang ramah anak seperti jungkat jungkit, serta ayunan diperuntukan sarana bermain bagi anak-anak Anda. 

Mereka sangat merasa senang berkunjung ke taman Cimanuk. Taman cimanuk ini ramai dikunjungi sejak sore sampai malam hari. 
Dan kita pun tidak harus repot-repot menyiapkan bekal makanan dari rumah ketika berkunjung ke Taman Cimanuk ini, karena di Taman Cimanuk sendiri tersedia berbagai jajanan khas makanan Indramayu sampai makanan-makanan pelengkap seperti cemilan di Pusat Kuliner Cimanuk.

Sekarang terdapat rumah seni dan budaya, yang digunakan untuk para pengrajin batik khas Indramayu seperti Batik Paoman, pengrajin melakukan aktivitasnya yakni membatik. 

Di tempat ini kita bisa belajar membatik bersama dengan pengrajin secara langsung.

Di Taman cimanuk sisi sebelah kiri ini banyak sitanami pohon dan rerumputan hijau, disediakan pula fasilitas tempat duduk yang berkapasitas untuk 2 sampai 3 orang, sampai tempat duduk yang bisa diduduki banyak orang sekaligus.

Upaya Untuk menjaga kebersihan Taman Kali Cimanuk ini juga banyak menempatkan tempat membuang sampah,yang dibedakan atara sampah organik dan sampah non-organik. 
Taman ini juga dibangun dikedua sisi bantaran kali Cimanuk dibangun taman, yang serupa sehingga mempercantik wajah bantaran kali cimanuk.

Hutan Mangrove - Karang Song
Hutan mangrove yang ada di Desa Karangsong Kecamatan dan Kabupaten Indramayu Jawa Barat jadi obyek wisata yang cukup digemari masyarakat khususnya kalangan remaja yang menyebutnya sebagai wisata kekinian.

Sejak pengurus Karang Taruna Desa Karangsong membuka obyek wisata Pantai Karangsong, hutan mangrove juga ikut ditata menjadi daya tarik wisata yang bisa dikunjungi dengan memakai ojek perahu yang disediakan pengelola.

Pada libur lebaran 2015, ratusan orang datang berkunjung ke hutan mangrove Desa Karangsong dengan ojek perahu yang dikenakan tarif masuk Rp10.000/orang untuk masuk kawasan hutan dan Rp5.000/orang untuk biaya transportasi ojek perahu.


Pulau Biawak nan Cantik
Dikutip dari laman jabarprov.go.id, Pulau Biawak ini jaraknya sekitar 28 mil laut atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Tirtamaya Indramayu. Banyak orang bilang, pulau ini masih perawan sehingga banyak yang mau menjelajahi eksotisme pulau ini.

Namun yang menjadi permasalahan adalah transportasi untuk menuju ke sana. Pemerintah Kabupaten Indramayu hanya punya dua kapal penyebrangan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kapasitasnya yang satu bisa membawa 30 orang dan satu lagi 10 orang.

Di Pulau Biawak ini ada mercusuar buatan Belanda yang didirikan pada 1872. Hingga kini mercusuar setinggi 65 meter dengan 16 lantai tersebut masih berdiri tegak. Udara bersih dengan semilir angin laut membuat rasa capek dan lelah selama perjalanan laut seketika akan sirna begitu kaki menginjakan Pulau Biawak.

Tidak hanya itu, air laut di perairan pulau tersebut begitu bening sehingga pengunjung bisa melihat dasar laut tanpa harus menyelam. Gugusan terumbu karang yang masih utuh menambah cantik perairan pulau Biawak. Ditambah banyaknya ikan hias dengan aneka warna mengundang pelancong untuk ingin segera terjun dan menulusuri tiap jengkal terumbu karang di sana.

Pulau dengan luas 120 hektare ini didominasi dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat. Sesuai dengan namanya, di pulau ini juga banyak berkeliaran biawak.

Sebenarnya nama pulau ini adalah Pulau Rakit. Namun oleh Pemerintah Indramayu dinamakan Pulau Biawak karena banyak dijumpai biawak yang jadi ciri khas pulau ini

Ketiga Rekomendasi tempat wesata yang da di dairah indramayu ini semoga bermanfaat, dan kami ingatkan dimana saja anda berada jangan rusak lingkungan dan tetap jaga lingkungan anda. jangan biarkan dikotori oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Cukup Sekian Pembahsan Kita kali ini tentang Wisata Kota Indramayu Semoga Anda Termasuk Menjadi Pribadi yang menyayangi Lingkungan.

Previous
Next Post »